PERUSAHAAN DAGANG

| Sabtu, 18 November 2017

Assalamu'alaikum kembali lagi dengan saya Dwi Anggito atau biasa di panggil Abii..😁😁 kali ini kembali saya akan memberikan sebuah pengetahuan lebih dalam dari pembahasan sebelumnya. Kali ini saya akan membahas tentang Perusahaaan Dagang. Untuk lebih lanjut kita simak langsung apa itu Perusahaan Dagang...?

Pada pembahasan kali ini kita akan mencari tahu apa itu Perusahaan Dagang...? dan seperti apa karakteristik Perusahaan Dagang itu...? Langsung saja kita simak penjelasan dan pengertian dari Perusahaan Dagang, Karakteristik, serta Metode atau Sistem Pencatatan persediaan barang dagang dalam Perusahaan Dagang.


 Hasil gambar untuk akuntan

  • Perusahaan Dagang

Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang kegiatan usaha pokoknya membeli barang dari satu pihak untuk dijual kepada pihak lain tanpa mengubah bentuknya.


  • Karakteristik Perusahaan Dagang

Adapun karakteristik Perusahaan Dagang dilihat dari kegiatannya adalah membeli barang, lalu menyimpan sementara persediaan barang dagang tanpa mengubah bentuk untuk kemudian dijual kembali, dengan harapan mendapat laba sebesar selisih harga jual dan harga pokok penjualan.

Dalam Perusahaan Dagang adapun metode dalam pencatatan Persediaan Barang Dagangnya yaitu Metode Fisik( Physical Methods) dan Metode Perpetual( Perpetual Methods ) untuk lebih jelasnya simaklah uraiannya di bawah ini  :


Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang :
  • Metode Fisik ( Physical Methods )

Metode fisik biasanya digunakan perusahaan yang menjual barang yang harganya relatif tidak mahal.
 
Sistem pencatatan fisik disebut juga 
pencatatan periodik, karena perhitungan jumlah dan nilai persediaan hanya akan diketahui pada akhir periode untuk penyiapan pembuatan laporan keuangan.

  • Metode Perpetual ( Perpetual Methods )

Metode Perpetual biasanya digunakan oleh perusahaan yang memperjualbelikan barang yang harganya relatif mahal.

Sistem pencatatan perpetual ( terus-menerus ) merupakan perhitungan jumlah dan nilai persediaan yang dilakukan secara terus-menerus setiap kali terjadi transaksi yang berkaitan dengan persediaan barang dagang.


Nah.. sekarang udah lebih paham kan tentang apa itu Perusahaan Dagang mungkin itu info kali ini yang bisa saya bagikan😅😁 jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini yahh👇👇Sekian dari saya Terima Kasih Wassalamu'alaikum🙏😊

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲